Senin, 15 Oktober 2012

Akulturasi dan Relasi Internakultural


Pengertian Akulturasi
Akulturasi merupakan proses sosial yang timbul bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayan asing itu lambat laun dapat diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnnya kebudayaan itu sendiri.
Sebagai contoh dari akulturasi adalah Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan India dan kebudayaan Indonesia. Meskipun itu telah mempengaruhi kebudayaan setempat, namun hal tersebut tidak menghilangkan kebudayaan aslinya. Bisa juga dikatakan saling mempengaruhi kebudayaannya.

Pengertian Relasi Internakultural
Relasi internakultural atau biasa disebut dengan komunikasi budaya adalah komunikasi yang terjadi di antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda (bisa beda ras, etnik, atau sosio ekonomi, atau gabungan dari semua perbedaan ini. Menurut Stewart L. Tubbs, komunikasi antarbudaya adalah komunikasi antara orang-orang yang berbeda budaya (baik dalam arti ras, etnik, atau perbedaan-perbedaan sosio ekonomi). Karena kebudayaan itu sendiri adalah cara hidup yang berkembang dan dianut oleh sekelompok orang serta berlangsung dari generasi ke generasi. Hamid Mowlana menyebutkan komunikasi antarbudaya sebagai human flow across national boundaries. Misalnya; dalam keterlibatan suatu konfrensi internasional dimana bangsa-bangsa dari berbagai negara berkumpul dan berkomunikasi satu sama lain. Sedangkan Fred E. Jandt mengartikan komunikasi antarbudaya sebagai interaksi tatap muka di antara orang-orang yang berbeda budayanya.

Berdasarkan definisi di atas dapat dikatakan bahwa akulturasi dan relasi internakultural saling berkaitan atau saling mempengaruhi. Karena akulturasi itu sendiri adalah percampuran budaya namun tidak menghilangkan budaya aslinya, dan tentu saja dalam proses akulturasi dipengaruhi oleh relasi internakultural untuk berkomunikasi, agar dalam proses tersebut dapat beradaptasi dan dapat menerima kebudayaan luar.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_antarbudaya
http://www.pengertiandefinisi.com/2011/05/pengertian-akulturasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Akulturasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar