Minggu, 02 Oktober 2011

ETIKA BERINTERNET

Etika menjadi pangkal moralitas dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.
Dalam berinternet kita harus memiliki etika. Namun sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquete atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
satu hal yang akan tetap terus berlaku, bahwa apa dan bagaimanapun media komunikasi yang digunakan harus tetap dilandasi dengan etika.
Internet dengan berbagai aplikasinya banyak memberikan peluang pergaulan dunia maya yang tanpa batas. Mulai dari website, email, chatting, weblog, facebook, bahkan yang terbaru twitter semakin memanjakan manusia untuk saling berkomunikasi. Terlepas dari peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan, etika menjadi kunci utama yang harus senantiasa diterapkan.Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mewujudkan etika berinternet yaitu :
1. Facebook, jangan sekali-sekali kita mengungkapkan kejengkelan dengan kata-kata kasar. Karena facebook dapat diakses oleh siapa saja. Sehingga itu dapat merendahkan etika.
2. Jangan menulis dengan huruf besar semua, karena menulis dengan huruf besar sama saja dengan berteriak ,semua  orang tidak suka berkomunikasi dengan berteriak-teriak.
3. Jangan pernah memberikan nomor telepon
Dan gunakan internet untuk mencari informasi yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar